Bioteknologi modern dan Konvesional

Pengertian bioteknologi, berasal dari bahasa latin yaitu kata bios yang memiliki arti mahluk hidup ditamah kata teknologi yang berarti metodelogi ilmiah yang diharapkan untuk mencapai tujuan tertentu, atau juga bisa di artikan sebagai pemanfaatan  benda yang berupa mahluk hidup tang bahanya juga berasal dari mahluk hidup yang akan menghasilkan produk yang bermanfaat bagi kepentingan hidup orang banyak. Bioteknologi merupakan satu kesatuan dari berbagai macam cabang ilmu yang berada di ruanglingkup biologi antara lain:

  • Biokimia, Fisiologi , kimia, mikologi, genetika, Biologi melekul dan masih banyak lagi 
Contoh Dari bioteknologi yang sudah di kembangkan oleh masyarakat dan lembaga lembaga peneliti yang di ajarkan oleh para Ilmuwan diantaranya:

  1. Hibridasi adalah cara menyilangkan du individu sejenis namun berbeda sifat dan varietas yang ada padanya. Tujuan Hibridasi adalah untuk mengasilkan indivudu yang memiliki varietas unggul dan baru ditemukan serta hasilnya dapat dipasarkan secara luas, contoh dari teknologi ini diantaranya: Padi dengan varietas unggul seperti rajalele, domba unggul marinio, dan jenis ternak unggulan sapi Limosin.
  2. Kultur Jaringan Adalah cara untuk menumbukan sel atau jaringan baru pada suatu mahluk hidup seperti jenis tanaman dan hewan yan tahap pembuatanya di lakukan didalam laboratorium yang mumpuni atau bisa juga sederhana. Tujuan Kultur jariganadalah untuk mengatasi kekurangan pasokan makan pokok didalam suatu wilayah dan bila hasilnya lebih bisa disalurkan kedaerah lain atau bisa di ekspor keluar negeri.
  3. Hidroponik adalah cara untuk bercocok tanan dengan menggunakan lahan buatan yang praktis dapat dipindah dan diletakan dimana saja sesuai selera sipemilik. Tujuan Hidroponik adalah Untuk menghemat lahan untuk menanam dan bisa menciptakan industri kreatif baru yang hasilnya dapat dinik mati oleh pemilik atau pembuat dari teknologi tersebut.
Bioteknologi Konvensional adalah cara atau suatu sistem untuk menghasilkan suatu produk dari suatu jenis tanaman atau hewan yang dilakukan secara turun temurun atau dari generasi ke generasi tanpa memahami cara untuk membuatnya. Bioteknologi Konvensional biasa digunakan oleh para pembuat produk produk makanan seperti tahu dan tempe yang mengandalkan dari mikro organisme jamur yang melalui proses fermentasi dalam beberapa kurun waktu. Contoh Bioteknologi Konvensional

  • Tempe adalah produk yang dihasilkan dari bahan baku kacang kedelai dengan bantuan mikrobiologi jamur Rhizophus Oryzae yang akan menghasilkan produk tempe yang bergizi tinggi, makanan ini sudah menjadi kebutuhan pokok untuk dikonsumsi di berbagai negara seperti: Indonesia, Jepang, Malaysia , Brunai darusalam, China, Dan singapore.
  • Kecap adalah produk yang dihasilakn dari bahan baku kedelai hitam ( hampir sama dengan tempe ) Namun berberbeda medianya yaitu dengan bantuan jamur Asparagus Wenti dan kedelaipun perlahan akan menjadi kecap.
Bioteknologi Modern adalah car atau sistem yang dikunakan untuk membuat sesuatu yangbaru dari rekayasa genitika yang dapat sifat atau bentuk tubuh sesuai yang di inginkan oleh para pembuatanya. Bisanya Bioteknologi modern dialkukan oleh para ahli seperti dokter spesialis yang menkaji maslah genetik dan para ilmuan yang prosedurnya dengan cara menggabungkan beberapa intesel atau DNA se ekor mahluk hidup. Contoh Bioteknologi modern yang sudah berkembang saat ini diantaranya:

  • Kloning adalah cara yang digunakan untuk menciptakan mahluk hidup sejenis dan memiliki sifat serta bentuk tubuh sangat mirip dan persis pada suatau mahluk hidup yang menggunakan media Sel somatik dari mahlik hidup dan beberapa materi genetik yang dingiinkan oleh penciptanya.
  • Antibiotik Adalah pemanfaatan bioteknologi modern dari bidang kesehatan dan Kedokteran yang digunakan untuk mengobati suatu penyakit, dan dihasilkan oleh senyawa dari mikro organisme tertentu.
Sekian dari saya Tentang Bioteknologi Modern dan Konvesional semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih karena telah membaca.

Post a Comment