Mengalami Sembelit Ini Dia Tips Alami nya

Tips Mengobati Sembelit

Tips Mengobati Sembelit - Mungkin sebagian dari kita sering menganggap enteng dengan yang namanya sembelit, padahal jika dibiarkan akan bisa berdampak buruk terutama bagi kesehatan.

Sembelit merupakan penyakit yang terjadi akibat buruknya saluran pencernaan. Dalam dunia medis sembelit sering disebut sebagai konstipasi yakni gerakan usus yang abnormal ditandai dengan feses keras, mengejan, frekuensi buang air besar berkurang, dan perasaan kurang puas saat BAB.

Penyakit ini bisa menimpa kepada siapa saja tanpa melihat usia. Maka dari itu, walaupun terlihat lumrah tapi jangan sampai menganggap sepele terhadap penyakit ini. Penyakit ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita, bahkan bisa mengakibatkan kanker usus besar dan juga tumor.

Sembelit terjadi juga bisa disebabkan beberapa faktor misalnya pola makan yang kurang seimbang, kurangnya cairan dalam tubuh, kebiasaan menunda-menunda ketika ingin BAB, kurangnya olahraga, sering duduk terlalu lama, adanya gangguan dalam usus, atau dampak karena seringnya mengkonsumsi obat-obatan dalam waktu yang lama.

Tips Mengobati Sembelit yang paling utama memang adalah dengan merubah pola makan menjadi lebih baik yakni dengan mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung serat dan banyak minum cairan atau air putih. Akan tetapi, ada bahan-bahan alami lain yang bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan sembelit.

Berikut beberapa bahan dan cara alami sebagai tips mengobati sembelit.
  1. Buah pepaya
    Sering lah mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang secara teratur yaitu 2x sehari dengan porsi 150 gram.
  2. Lidah buaya
    Caranya sangat mudah, siapkan kurang lebih 100 gr lidah buaya, lalu kupas dan potong kecil-kecil. Selanjutnya rebus dengan menggunakan air kurang lebih 200 ml dan tambahkan madu kurang lebih 1 sendok makan. Minum lah ramuan tersebut pada saat masih hangat dan juga makan daging lidah buaya nya. Lakukan secara rutin 2x sehari.
  3. Daun umbi jalar
    Siapkan kurang lebih 60 gram daun umbi jalar, lalu rebus hingga mendidih dengan air secukupnya. Setelah itu minum dalam keadaan hangat dan daun nya juga bisa dimakan.
  4. Nanas
    Siapkan nanas yang sudah di kupas dan dicuci, lalu parut dan peras airnya. Setelah itu minum perasaan buah nanas tersebut ½ gelas 2x sehari.
  5. Temulawak
    Siapkan 1 rimpang temulawak, cuci dan diparut. Selanjutnya peras dan ambil airnya. Rebus perasaan tersebut, campur dengan asam jawa dan gula aren. Minum 1x sehari.
  6. Bayam
    Bayam memang dikenal sebagai sayuran yang memiliki kandungan serat yang lumayan banyak. Konsumsi lah bayam bisa dengan mentah atau dibuat jus. Caranya siapkan 100 gr daun bayam dan campur dengan kuantitas air yang sama. Selanjutnya minum 2x sehari.

Post a Comment