Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami

Menghilangkan Jerawat
Menghilangkan Jerawat - Memiliki jerawat memang sesuatu yang bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri ketika tampil di depan umum. Ternyata bukan hanya remaja saja yang bermasalah dengan tonjolan kecil ini, ibu-ibu terkadang juga ada yang masih bermasalah dengan jerawat.

Memang jerawat bukan penyakit yang bisa menyebabkan kematian, namun
jika dibiarkan tanpa perlakuan apa-apa, lama kelamaan akan bisa terjadi peradangan kulit dan membuat risih orang lain, terutama bagi dirinya sendiri.

Jerawat biasanya muncul karena masalah pori-pori yang tertutup sehingga menimbulkan tonjolan-tonjolan kecil dan biasanya ada warna putih atau nanah.

Sudah banyak sekali obat-obatan yang telah beredar di pasaran yang diyakini bisa menyembuhkan jerawat, mulai dari merk yang mahal sampai merk yang mungkin bisa dibilang ilegal karena belum mendapat izin.

Banyaknya obat-obatan jerawat yang bermunculan biasanya sering membuat bingung karena rata-rata produk yang mereka tawarkan selalu memberikan iming-iming hasil yang sangat optimal. Akhirnya sebagai konsumen kita hanya bisa menggalau harus pilih mana.

Jika memang Anda mengalami masalah jerawat, Anda tidak usah terlalu bingung walaupun kenyataannya memang selalu bikin resah. Anda masih bisa mengatasi jerawat itu kok, asalkan Anda menjaga diri dengan menerapkan pola hidup sehat, makan-makanan yang sehat, serta harus sabar dan berusaha.

Usaha yang Anda lakukan bisa dengan memakai obat-obatan yang sudah terbukti dan direkomendasikan oleh dokter, atau Anda bisa kembali ke masa yang sekarang mulai digembor-gemborkan, Back to Nature.

Alam memang sejatinya telah diperuntukkan oleh semua makhluk yang ada di muka bumi ini untuk diambil manfaatnya, tidak terkecuali dimanfaatkan untuk pengobatan seperti jerawat.

Lalu apa saja bahan alami yang telah disediakan oleh alam untuk membantu mengobati jerawat? Berikut beberapa bahan dan cara alami untuk menghilangkan jerawat.
  1. Jeruk nipis
    Dalam artikel sebelumnya kita juga pernah membahas tentang Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan. Selain bisa membuat kulit halus dan pori-pori mengecil, jeruk nipis dengan kandungan asamnya yaitu citric acid bisa meembantu untuk mengatasi jerawat. 

    Caranya sangat mudah Anda hanya perlu menyiapkan jeruk nipis yang telah dipotong menjadi 2 bagian, kemudian oleskan secara langsung ke wajah hingga rata. Diamkan kurang lebih 30 menit agar kandungan jeruk nipis meresap ke dalam kulit lalu bilas dengan air bersih. 

    Jika Anda tidak mau mengoleskan langsung ke wajah, Anda bisa memeras air jeruk nipis terlebih dahulu, lalu ambil kapas dan celupkan ke air perasan jeruk nipis, selanjutnya oleskan ke wajah dan diamkan 30 menit lalu bilas.
  2. Putih telur
    Sudah tidak heran lagi dengan manfaat yang satu ini, selain bisa mengganjal perut yang lapar ternyata telur juga bisa mengatasi jerawat. Caranya sangat mudah, siapkan telur lalu ambil putihnya saja (yang kuning bisa dipakai masker untuk mengencangkan kulit atau bisa di goreng buat lauk, hehe).

    Kemudian kocok putih telur sampai berbusa padat lalu oleskan pada wajah. Selanjutnya diamkan kurang lebih 15-20 menit atau sampai kering kaku agar minyak penyebab jerawat terserap. Bilas dengan air hangat sampai bersih lalu terakhir basuh dengan air dingin dengan tujuan menutup pori-pori yang telah terbuka karena air hangat.
  3. Tomat
    Si bulat merah yang dikenal sebagai buah dan sayuran ini selain dibuat jus dan sambal, ternyata  bisa juga untuk mengatasi jerawat. Caranya potong tomat menjadi beberapa bagian lalu oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih. 
  4. Lidah buaya
    Kemarin kita juga sudah membahas tentang Manfaat Lidah Buaya, salah satunya yang sangat terkenal ialah sebagai bahan untuk penyubur rambut. Tanaman yang banyak mengandung air ini juga baik untuk mengobati jerawat. Caranya potong lidah buaya dan buang kulit luarnya. Selanjutnya oleskan pada wajah secara merata dan diamkan kurang lebih 15 menit. Lakukan secara rutin setiap pagi dan sore untuk hasil yang memuaskan.
  5. Bawang putih
    Selain Khasiat bawang putih untuk kesehatan ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, salah satunya untuk menyembuhkan jerawat. Caranya tumbuh bawang putih hingga halus lalu tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat dan diamkan kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Manfaat bawang putih ini bisa membantu mengempiskan jerawat dan mengurangi terjadinya radang. 
Setelah Anda berhasil memiliki kulit wajah yang bersih dan bebas dari jerawat, jangan lupa untuk terus melakukan pola hidup sehat untuk mencegah timbulnya jerawat. Misalnya seperti minum air putih yang cukup, konsumsi makanan yang segar, hindari rokok, alkohol, dan makanan dengan kandungan bahan pengawet, serta olahraga yang teratur.

Demikian artikel tentang menghilangkan jerawat dengan cara alami. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa Anda juga bisa membaca artikel yang lain yang tidak kalah menarik seperti Manfaat Kopi Untuk Kecantikan atau Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan.

Post a Comment